Subscribe Us

Header Ads

Membuat tulisan text menjadi terbalik menggunakan PHP



Hari ini saya akan memberikan sedikit cara membuat tulisan atau text menjadi terbalik menggunakan bahasa pemprograman PHP, dan saya akan memberikan penjelasannya secara terperinci menurut pemahaman saya aja sih, tapi kalo salah diingetin ya. hehe. Apaa sih maksudnya membuat tulisan atau text menjadi terbalik menggunakan PHP?

Contoh saja :
Saya akan memasukkan inputan seperti ini, 'mobil saya berwarna merah'. Lalu dengan menggunakan script yang dibuat nantinya menggunakan bahasa pemprograman PHP text tersebut akan terbalik tulisannya menjadi 'harem anrawreb ayas libom'. Ya kira-kira akan menjadi seperti itu. Kita mulai saja mencoba membuatnya.

Kita buat variable inputannya dlu.

$input = 'mobil saya berwarna merah';

untuk logikanya gimana cara membuat kalimat diatas itu menjadi terbalik, maka logikanya yang harus ditulis dlu adalah 'h' dan 'm' menjadi di bagian belakang. dilihat dari logika tersebut maka kita harus menghitung huruf dalam kalimat input tersebut 'm' = 1 dan 'h' = 25.

$i = 0;
$length = strlen($input);

Okay setelah mendapatkan jumlah index dalam kalimat input maka kita tinggal melakukan perulangan dan merekontruksi kalimat input tadi.

for ($length=$length-1; $length >= $i; $length--) { 
echo $input[$length];

Dalam perulangan didefinisikan yang pertama adalah index ke-24 yaitu huruf 'h', dan hingga index ke-0 karena perhitungan index dan jumlah huruf beda maka definisi dari max jumlah huruf di (-1) untuk dapat disamakan dengan perhitungan index.
Maka kita bangun ulang sesuai dengan perulangannya dengan membuat inputan sesuai dengan huruf dalam index $input[$length].

oke sekian cara membuat kalimat menjadi terbalik menggunakan PHP.

Kalo ada yang ingin ditanyakan silahkan komen dibawah ya.







Post a Comment

0 Comments