Subscribe Us

Header Ads

Contoh tuple pada Python


Kali ini saya akan membagi contoh tuple pada Python. Menurut saya tuple, dictionaries dan list dalam Python ini sangat terstruktur dan mudah dipahami. Sedikit penjelasan mengenai tuple. Untuk tutorial ini saya menggunakan Python 3.6.

Apa itu tuple pada python?

Tuple merupakan urutan objek Python yang tidak dapat dirubah isinya karena status tuple itu adalah immutable. Tuple sendiri sama seperti List yaitu urutan tetapi yang dapat membedakannya adalah tuple menggunakan kurung lengkung dan List menggunakan kurung siku.

Oke saya akan memulai untuk membuat contoh tuplenya. Oh iya nanti saya akan memberikan cara mengupdate value tuple / merubah isi tuple pada python yang sebelumnya tuple itu adalah immutable.

Contoh tuple yang pertama :
tupleku = (20, 4, 32, 11, 13)
print (tupleku)

hasilnya
(20, 4, 32, 11, 13)

Contoh mengakses value tuple:
tupleku = ('Rizcky', 'Sigma', 'Anindiasty', 'Dea', 'Matt')
print (tupleku[0])
print (tupleku[1:3])

hasilnya
Rizcky
('Sigma','Anindiasty')

Post a Comment

0 Comments